Rabu, 10 Oktober 2018

#SIPDefinisi Sistem Informasi Psikologi


A.      DEFINISI

1.      Sistem
Sistem merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan (Ajie, 1996)
         Sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur atau variabel-variabel yang saling terorganisasi, saling berinteraksi, dan saling bergantung satu sama lain (Fatta, 2007).
      Menurut Mc. Leod (dalam Fatta, 2007) sistem dapat dikatakan sebagai kelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.
         Berdasarkan teori diatas, dapat disimpulkan bahwa sistem merupakan kumpulan elemen yang saling berinteraksi dan saling ketergantungan anatara satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan.
2.      Informasi
           Informasi adalah data yang telah diproses kedalam suatu bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima dan mempunyai nilai nyata dan terasa bagi keputusan saat itu atau keputusan mendatang.
           informasi merupakan data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi penerima dan mempunyai nilai nyata bagi pengambilan keputusan saat ini atau waktu yang akan datang.
           Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa informasi adalah data yang telah diproses yang memiliki arti nyata.
3.      Psikologi
           Menurut Basuki (2008) Psikologi adalah ilmu pengetahuan (ilmiah) yang mempelajari perilaku, sebagai manifestasi dari kesadaran, proses mental, aktvitas motorik, kognitif dan juga emosional. Wund (dalam Basuki, 2008) mendefinisikan bahwa psikolog merupakan  ilmu tentang kesadaran manusia. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku dan mental manusia.
           Berdasarkan definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa psikologi merupakan ilmu mengenai perilaku dan kesehatan mental manusia.
4.      Sistem informasi psikologi
           Sistem informasi psikologi adalah ilmu mengenai kumpulan data yang dibuat melalui kesadaran manusia yang mempunyai arti dan saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya.



DAFTAR PUSTAKA


Basuki, A. M. (2008). Psikologi umum. Jakarta: Universitas Gunadarma


Jahja, Y. (2011). Psikologi perkembangan. Jakarta: Prenamedia Group
     Marimin., Tanjung, H., Prabowo, H. (2006) .sumber daya manusia. Bogor: Grasindo

Sutabri, T. (2012). Konsep sistem informasi. Yogyakarta: CV  Andi Offset

Fatta, H. A. (2007). Analisis dan perancangan sistem informasi. Yogyakarta: CV  Andi Offset




Tidak ada komentar:

Posting Komentar