Selasa, 06 November 2018

#SIPSIM (sistem informasi manajemen) & SPK (sistem penunjag keputusan)


B.       SIM (sistem informasi manajemen) & SPK (sistem penunjag keputusan)
1.        Definisi
a.       sistem informasi manajemen
Tyoso (2007) menyebutkan bahwa sistem informasi manajemen merupakan sarana untuk menyelesaikan rencana dan sekaligus sebagai alat pengawasan dengan membandingkan hasil perwujudan rencana dengan standar yang  telah ditetapkan.
Menurut Gaol (2008) sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem informasi yang selain melakukan pengolahan transaksi yang sangat berguna untuk kepentingan organisasi, juga banyak memberikan dukungan informasi dan pengolahan untuk fungsi manajemen dalam pengambilan keputusan.
Pengertian sistem informasi manajemen adalah sistem pengolahan data transaksi, aktivitas dan informasi internal maupun eksternal yang menghasilkan informasi yang bisa mendukung kinerja manajemen dan bisa dijadikan sebagai pengendalian internal organisasi.
Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa SIM merupakan sistem yang digunakan untuk sarana pengolahan data yang ditujukan oleh sebuah organisasi dalam  manajemen  pengambilan  keputusan.
b.       Definisi sistem penunjang keputusan
      Oktaviani & tristiyanto (2016) Pengambilan keputusan merupakan proses pemilihan alternatif tindakan untuk mencapai tujuan atau sasaran tertentu.
   Syafaruddin & Anzizha Pengambilan keputusan ialah proses pemecahan masalah dengan menentukan pilihan dari beberapa alternatif untuk menetapkan suatu tindakan dalam mencapai tujuan yang diinginkan.
  Sistem pendukung keputusan adalah sistem berbasis komputer yaag dirrancang untuk mempertinggi efektifitas pengambilan keputusan dari masalah semi struktur.
  Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa sistem  penunjang keputusan adalah bagian dari sistem informasi yang digunakan untuk menentukan pilihan dalam pemecahan masalah untuk mencapai suatu tujuan.

2.        Konsep SIM dan SPK
a.    Konsep SIM
Sistem informasi manajemen secara umum dpat dikatakan sebagai sebuah sistem manusia dan mesin yang terintegrasi dalam menyediakan informasi guna mendukung fungsi operasi manajemen dan penentuan alternatif tindakan dalam sebuah organisasi sistem tersebut. Sistem informasi manajemen sebagai suatu kumpulan manusia dan sumber modal di dalam suatu organisasi bertanggung jawab untuk pengumpulan dan pengolahan data sewaktu menghasilkan informasi yang berguna untuk setiap hierarki manajemen dalam perencanaan dan pengendalian kegiatan-kegiatan organisasi
b.     Konsep SPK
Untuk masalah yang terstruktur, penyelesaian dapat dilakukan dengan menggunakan rumus-rumus yang sesuai, sedangkan untuk masalah terstruktur tidak dapat dikomputerisasi. Sementara itu, sistem pendukung keputusan dikembangkan khusus untuk menyelesaikan masalah yang semi terstruktur. 
3.        Model SIM dan SPK
a.       Model SIM
Model sistem informasi manajemen dapat digambarkan pada gambar diatas. Database berisi data yang disediakan oleh SIA. Selain itu data maupun informasi dimasukkan dari lingkungan. Isi database digunakan oleh perangkat lunak yang menghasilkan laporan periodik dan laporan khusus serta model matematika yang mensimulasikan beragam aspek operasi perusahaan. Output perangkat lunak digunakan oleh orang-orang dalam perusahaan yang bertanggungjawab dalam memecahkan masalah. 
b.       Model SPK
Sistem pengambilan keputusan membantu manajer dalam membuat keputusan untuk masalah semi-struktur, selain itu juga dapat digunakan untuk mendukung penilaian manajer bukan menggantikannya dan dapat meningkatkan efektivitas pengambilan.
4.        Peranan SIM dan SPK dalam memecahkan masalah dibidang psikologi
      Contohnya adalah menyelesaikan problem yang kompleks, system dapat berinteraksi dengan pemakainya, lebih cepat dengan hasil yang lebih baik (terutama dibandingkan dengan pengambilan keputusan secara intuisi). Lalu menghasilkan acuan data untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh manajer yang kurang berpengalaman. 

DAFTAR PUSTAKA
Gaol. C. J. L. ( 2008). Sistem informasi manajemen. Jakarta: PT Grasindo
Tyoso, J. S. P. (2007). Sistem informasi manajemen. Yogyakarta: Deepublish
Oktaviani, N., Tristiyanto, I. (2016). Sistem informasi manajemen. Bogor: Sekolah tinggi      ilmu ekonomi kesatuan
https://sudarcampus.wordpress.com/2011/03/17/sistem-pendukung-keputusan-dss-pertemuan-i/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar