Rabu, 10 Oktober 2018

#SIPCBIS dan Evolusinya


A.      CBIS dan Evolusinya
1.      CBIS
    Computer Based Information System (CBIS) atau dalam Bahasa Indonesia disebut juga system informasi berbasis computer yaitu system pengolah data menjadi sebuah informasi berbasis computer yaitu system pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan.
    Menurut Purnomo (dalam Normah, 2017) Computer Based Information System (CBIS) atau Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan suatu sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan. Dengan artian tidak hanya sekedar menggunakan komputer saja untuk membuat dan menyimpan data, tetapi memanfaatkan peran komputer sebagai sistem pengolah data (komputerisasi).
   Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis.
Karakteristik Sistem Pakar
-          Memiliki kemampuan belajar atau memahami masalah dari pengalaman.
-          Memberikan tanggapan yang cepat dan memuaskan terhadap situasi baru.
-          Mampu menangani masalah yang kompleks (semi terstruktur).
-          Memecahkan masalah dengan penalaran.
-           Menggunakan pengetahuan untuk menyelasaikan masalah.
2.      Evolusi
a.      EDP
    Pengertian Electronic Data Processing (EDP) secara umum adalah penggunaan metode automatis dalam pengolahan data komersial. Biasanya penggunaan EDP ini relative simple, aktivitas yang berulang untuk memproses informasi dalam jumlah yang besar. Saat ini perusahaan besar maupun perusaan kecil sudah banyak yang menggunakan elektronik.
Sistem pemrosesan transaksi merupakan jenis sistem yang pertama kali di impelementasikan. Focus utama sistem ini adalah pada data transaksi.sistem informasi ini digunakan untuk menghimpun , menyimpan dan memproses data transaksi serta sering kali mengendalikan keputusan yang merupakan bagian dari transasksi.misalnya yang mengendalikan keputusan adalah sistem pemrosesan transaksi yang sekaligus dapat memvlidasi keabsahan kartu kredit atau mencarikan rute pesawat terbang yang terbaik sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Nama aplikasi akuntasnsi berbasis komputer pada awalnya adalah pengolahan data elektronik (EDP) kemudian berubah menjadi Data prosesing (DP) dan Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
b.      SIM
    Tahun 1964 diperkenalkan satu generasi baru alat penghitung yang mempengaruhi cara penggunaan komputer. Konsep penggunaan komputer sebagai SIM dipromosikan oleh pembuat komputer untuk mendukung peralatan baru tsb. Konsep SIM menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen. Konsep ini segera diterima oleh perusahaan besar karena dengan adanya Manajemen Informasi perusahaan akan mudah mendapatkan Informasi yang akurat dan tepat guna mendukung dalam pengambilan keputusan dalam perusahaan tersebut.
c.       Automatisasi Kantor
     Pada tahun 1964, teknologi computer telah diterapkan pada tugas-tugas kantor IBM memperkenalkan sebuah mesin tik elektronik yang memiliki kemampuan mengenali pita magnetic. Mesin tik tersebut dapat menyimpan materi yang diketik di pita magnetic dan mengeluarkan kembali materi tersebut bilamana dibutuhkan. Aplikasi ini disebut pengolah kata. Ini adalah awal dari otomatisasi kantor (office automatisasi), yaitu penggunaan elektronik untuk memfasilitasi komunikasi.
     Otomasi perkantoran (Office Automation) mencakup semua system elektronik formal dan informal yang terutama berkaitan dengan komunikasi informasi dari orang-orang didalam maupun diluar perusahaan. Kelompok pemakai OA adalah manajer, sekretaris, dan pegawai administrasi. Tujuan dari OA untuk mengurangi biaya administrasi, pemecahan masalah, dan pelengkap serta bukan pengganti. Beberapa contoh aplikasi OA yaitu pengolahan kata, e-mail, voice mail, kalender elektronik, konferensi audio/video, konferensi computer, imaging, dan desktop publishing
d.      Expert System
Suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik. Jenis program ini pertama kali dikembangkan oleh periset kecerdasan buatan pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dan diterapkan secara komersial selama 1980-an. Bentuk umum sistem pakar adalah suatu program yang dibuat berdasarkan suatu set aturan yang menganalisis informasi (biasanya diberikan oleh pengguna suatu sistem) mengenai suatu kelas masalah spesifik serta analisis matematis dari masalah tersebut. Tergantung dari desainnya, sistem pakar juga mampu merekomendasikan suatu rangkaian tindakan pengguna untuk dapat menerapkan koreksi. Sistem ini memanfaatkan kapabilitas penalaran untuk mencapai suatu simpulan.
Salah satu sub system dari system informasi berbasis computer yang berhubungan dengan psikologi adalah system pakar (Expert system). Sistem pakar (Expert System) adalah sebuah sistem informasi yang memiliki intelegensia buatan (Artificial Intelegent) yang menyerupai intelegensia manusia. Sistem pakar mirip dengan DSS yaitu bertujuan menyediakan dukungan pemecahan masalah tingkat tinggi untuk pemakai. Perbedaan ES dan DSS adalah kemampuan ES untuk menjelaskan alur penalarannya dalam mencapai suatu pemecahan tertentu. Sangat sering terjadi penjelasan cara pemecahan masalah ternyata lebih berharga dari pemecahannya itu sendiri.

Daftar Pustaka




Normah. (2017). Komunikasi data bisnis dan keungan berbasis CBIS menggunakan zahir accounting. Indonesian Journal on Computer and Information Technology, 2 (1). 38-45.


5 komentar:

  1. Awesome blog and you executed it nicely. We are here for printer support. Claiming this statement is hard for everyone to need the assistance of the HP Printer Support team on which time slot. In the initial days of working, all of us are bound to receive the standard quality throughput. Attaining the high-quality output is not under the control of the common person. The best option is that they should connect to the technical support team to defeat the HP Printer Offline issue. I have enquired my companies to take over this typical challenge, but I do not obtain the high quality as per standard parameter. I really appreciate the HP Support help team and recommend hiring their service to get the instant solution at all.

    BalasHapus
  2. Nice Post...
    Get Free Microsoft Office, Visit Office.com To Access Office On The Web
    Looking for a way to access Microsoft Office for free? You’ve come to the right door. office.com allows you to access Microsoft Office for free by just signing into your Microsoft account. All you need is to visit www.office.com and sign in using your Microsoft account and you can access all the necessary Office applications on the go. Besides MS Word, Excel, and PowerPoint, you can access many other applications like Outlook, OneDrive, Skype, OneNote right away from any web browser on your computer. Another benefit of using Office online is that all your work is saved on the cloud and you can access it from any device or any location. Don’t wait anymore, visit office.com to access Office on the web for free now.

    BalasHapus
  3. Just dial +1(830) 476-2055 from wherever you are across the country to contact our reliable and trusted Quickbooks support center. You will get authentic solutions for your Quickbooks related issues to fulfill your bookkeeping requirements. Quickbooks Contact Number

    BalasHapus
  4. thanks for exposuring this type of article news that may worth it to read.
    토토

    BalasHapus
  5. The effort put in building this site, which has lovely aesthetics and great content, it's worthy of commendation achievers university cut off mark for Molecular Biology

    BalasHapus